Problematika Jasa Informasi dan Perpustakaan dalam Perubahan Sosial
Mengapa perlu
mempelajari jasa? Jasa
bertanggung jawab untuk penciptaan sebagian besar pekerjaan baru yang
substansional, baik terlatih maupun tidak terlatih. Jasa telah mencangkup
seluruh kegiatan di kehidupan sehari-hari di mana hampir 64% perekonomian
ditunjang oleh bisnis jasa, disusul 4% pertanian dan sisanya 32% adalah
manufaktur. Inti dari sebuah produk jasa adalah pemenuhan kebutuhan dan memberi
keuntungan pada kedua belah pihak yaitu produsen dan konsumen.
Munculnya
bisnis jasa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adanya peluang yang
menggiurkan seperti perubahan sosial di masyarakat membuat pertumbuhan di
sektor jasa semakin pesat. Pertumbuhan jasa yang diselingi dengan serapan
teknologi membuat produk jasa yang dihasilkan semakin bekerja optimal sehingga
semakin laris dipasaran. Perubahan sosial dalam masyarakat juga dapat berdampak
pada layanan dalam bidang jasa informasi dan perpustakaan yaitu adanya
pergeseran perilaku pengguna yang disertai kemudahan akses teknologi informasi
dan komunikasi sehingga mempengaruhi perilaku pengguna dalam memanfaatkan
layanan informasi.
Perubahan
sosial mengakibatkan budaya baru dalam masyarakat, yang semula semua hal
dikerjakan secara manual menjadi serba digital. Hal ini tidak lepas dari
pengaruh teknologi yang semakin canggih. Pengguna perpustakaan beralih
menggunakan layanan berbasis teknologi karena perkembangan zaman yang dirasakan
perpustakaan. Perpustakaan tentu saja akan beradaptasi dan memperbaruhi layanan
sesuai dengan pergantian era. Pesatnya kebutuhan informasi pengguna yang
semakin beragam membuat organisasi informasi seperti perpustakaan harus
bergerak cepat mengikuti perubahan bila tidak ingin kehilangan kepercayaan dan
loyalitas dari penggunanya. Selain dapat mempercepat temu kembali informasi
serta layanan yang maksimal, teknologi dimanfaatkan agar citra perusahaan
semakin baik dan mempertahankan kualitas pelayanan sehingga bisa meningkatkan
daya saing. Contoh sederhana adalah pergeseran perilaku membaca dari buku
tercetak ke buku digital (e-book), katalog
online, dan lain-lain.
Komentar
Posting Komentar