Problematika Jasa Informasi dan Perpustakaan dalam Perubahan Sosial


Mengapa perlu mempelajari jasa? Jasa bertanggung jawab untuk penciptaan sebagian besar pekerjaan baru yang substansional, baik terlatih maupun tidak terlatih. Jasa telah mencangkup seluruh kegiatan di kehidupan sehari-hari di mana hampir 64% perekonomian ditunjang oleh bisnis jasa, disusul 4% pertanian dan sisanya 32% adalah manufaktur. Inti dari sebuah produk jasa adalah pemenuhan kebutuhan dan memberi keuntungan pada kedua belah pihak yaitu produsen dan konsumen.
Munculnya bisnis jasa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adanya peluang yang menggiurkan seperti perubahan sosial di masyarakat membuat pertumbuhan di sektor jasa semakin pesat. Pertumbuhan jasa yang diselingi dengan serapan teknologi membuat produk jasa yang dihasilkan semakin bekerja optimal sehingga semakin laris dipasaran. Perubahan sosial dalam masyarakat juga dapat berdampak pada layanan dalam bidang jasa informasi dan perpustakaan yaitu adanya pergeseran perilaku pengguna yang disertai kemudahan akses teknologi informasi dan komunikasi sehingga mempengaruhi perilaku pengguna dalam memanfaatkan layanan informasi.
Perubahan sosial mengakibatkan budaya baru dalam masyarakat, yang semula semua hal dikerjakan secara manual menjadi serba digital. Hal ini tidak lepas dari pengaruh teknologi yang semakin canggih. Pengguna perpustakaan beralih menggunakan layanan berbasis teknologi karena perkembangan zaman yang dirasakan perpustakaan. Perpustakaan tentu saja akan beradaptasi dan memperbaruhi layanan sesuai dengan pergantian era. Pesatnya kebutuhan informasi pengguna yang semakin beragam membuat organisasi informasi seperti perpustakaan harus bergerak cepat mengikuti perubahan bila tidak ingin kehilangan kepercayaan dan loyalitas dari penggunanya. Selain dapat mempercepat temu kembali informasi serta layanan yang maksimal, teknologi dimanfaatkan agar citra perusahaan semakin baik dan mempertahankan kualitas pelayanan sehingga bisa meningkatkan daya saing. Contoh sederhana adalah pergeseran perilaku membaca dari buku tercetak ke buku digital (e-book), katalog online, dan lain-lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep SECI dari Nonaka dan Corporate Amnesia

Kepemimpinan dalam TQM

Fokus pada Kepuasan Pelanggan