Keterkaitan TQM dengan keilmuan bidang Ilmu Informasi dan Perpustakaan


Total Quality Management merupakan suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada pelanggan (Consumer Focused) dengan melibatkan seluruh sumber daya manusia dan karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan secara terus-menerus dan berkesinambungan. TQM menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif untuk mengintegrasikan kedisiplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan.
Adapun konsep penting dalam TQM adalah sumber daya manusia yang meliputi kinerja dan pemanfaatan sumber daya lain guna meningkatkan kualitas yang kemudian dapat dikatakan sebagai pelayanan prima dan berdampak langsung pada kepuasan pelanggan. Pelanggan yang merasa puas akan suatu layanan akan tetap loyal terhadap perusahaan. Sumber daya yang terdapat dalam perusahaan dikelola dengan baik sehingga mencapai kepuasan maksimal untuk keberhasilan jangka panjang. Kualitas suatu organisasi juga termasuk budaya mutu yang tercermin dari layanan prima yang diberikan. Terdapat lima pilar dalam TQM antara lain produk, proses, organisasi, pemimpin, dan komitmen.
Lalu bagaimana TQM dapat beririsan dengan keilmuan bidang Ilmu Informasi dan Perpustakaan? Perpustakaan merupakan sebuah organisasi atau badan yang salah satu fungsi substantifnya ada pada bidang pelayanan, yakni pelayanan jasa informasi. Hal ini mengakibatkan perpustakaan memiliki sebuah sistem atau strategi yang terintegrasi dengan seluruh sumber daya yang meliputi kepegawaian, karyawan, keuangan, sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam memberikan layanan jasa informasi kepada pengguna sehingga elemen penting kepuasan pelanggan akan terpenuhi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep SECI dari Nonaka dan Corporate Amnesia

Kepemimpinan dalam TQM

Fokus pada Kepuasan Pelanggan