Keterkaitan TQM dengan keilmuan bidang Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Total
Quality Management merupakan suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada
pelanggan (Consumer Focused) dengan melibatkan seluruh sumber daya manusia dan
karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan secara terus-menerus dan
berkesinambungan. TQM menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif
untuk mengintegrasikan kedisiplinan kualitas ke dalam budaya dan
kegiatan-kegiatan suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai keberhasilan
jangka panjang melalui kepuasan pelanggan.
Adapun
konsep penting dalam TQM adalah sumber daya manusia yang meliputi kinerja dan
pemanfaatan sumber daya lain guna meningkatkan kualitas yang kemudian dapat
dikatakan sebagai pelayanan prima dan berdampak langsung pada kepuasan
pelanggan. Pelanggan yang merasa puas akan suatu layanan akan tetap loyal
terhadap perusahaan. Sumber daya yang terdapat dalam perusahaan dikelola dengan
baik sehingga mencapai kepuasan maksimal untuk keberhasilan jangka panjang.
Kualitas suatu organisasi juga termasuk budaya mutu yang tercermin dari layanan
prima yang diberikan. Terdapat lima pilar dalam TQM antara lain produk, proses,
organisasi, pemimpin, dan komitmen.
Lalu
bagaimana TQM dapat beririsan dengan keilmuan bidang Ilmu Informasi dan
Perpustakaan? Perpustakaan merupakan sebuah organisasi atau badan yang salah
satu fungsi substantifnya ada pada bidang pelayanan, yakni pelayanan jasa
informasi. Hal ini mengakibatkan perpustakaan memiliki sebuah sistem atau
strategi yang terintegrasi dengan seluruh sumber daya yang meliputi
kepegawaian, karyawan, keuangan, sarana dan prasarana untuk meningkatkan
kualitas pelayanan dalam memberikan layanan jasa informasi kepada pengguna
sehingga elemen penting kepuasan pelanggan akan terpenuhi.
Komentar
Posting Komentar