Karakteristik Produk Jasa


Produk jasa merupakan bentuk penawaran organisasi yang ditujukan untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemuasan kebutuhan pelanggan. Dalam hal ini, produk dapat berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Menurut Kotler dan Keller (2012) yang dikutip kembali oleh Fandy Tjiptono jasa dapat diartikan sebagai setiap perbuatan atau tindakan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya bersifat intangible (tidak berwujud fisik) dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu.
Menurut Kotler yang dikutip oleh Fandy Tjiptono (2014), secara garis besar karakteristik jasa terdiri dari intangibility, inseparability, variability/heterogeneity, perishability, dan lack of ownership. Produk jasa tak berwujud (intangibility) merupakan jasa yang tidak dapat dilihat, dirasakan, diraba, didengar sebelum pembeli memutuskan untuk menggunakan layanan jasa. Jasa berbeda dengan barang. Bila barang merupakan suatu objek yang dapat berwujud fisik, maka jasa adalah suatu perbuatan, tindakan, pengalaman, proses, kinerja (performance) atau usaha. Produk jasa inseparability (tidak dapat dipisahkan) merupakan jasa yang pada umumnya dijual terlebih dahulu, baru diproduksi dan dikonsumsi pada waktu dan tempat yang sama, dengan kata lain produk jasa tersebut tidak dapat dipisahkan dengan penyedia jasa tersebut. Variability/heterogeneity produk jasa merupakan karakteristik jasa yang menyatakan bahwa jasa bersifat sangat variabel karena merupakan non-standarized output, artinya terdapat banyak variasi bentuk, kualitas dan jenis, tergantung pada siapa, kapan, dan di mana jasa tersebut diproduksi. Perishability berarti jasa tidak dapat disimpan dan tidak tahan lama seperti halnya produk barang. Lack of ownership merupakan perbedaan dasar antara barang dan jasa, pada pembelian jasa pelanggan hanya akan memiliki akses personal dan dengan jangka waktu yang terbatas.
Referensi
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset: Yogyakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep SECI dari Nonaka dan Corporate Amnesia

Kepemimpinan dalam TQM

Fokus pada Kepuasan Pelanggan