Karakteristik Produk Jasa
Produk jasa merupakan bentuk penawaran organisasi
yang ditujukan untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemuasan kebutuhan
pelanggan. Dalam hal ini, produk dapat berupa apa saja (baik yang berwujud
fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Menurut Kotler dan Keller (2012)
yang dikutip kembali oleh Fandy Tjiptono jasa dapat diartikan sebagai setiap
perbuatan atau tindakan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak
lain yang pada dasarnya bersifat intangible
(tidak berwujud fisik) dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu.
Menurut Kotler yang dikutip oleh
Fandy Tjiptono (2014), secara garis besar karakteristik jasa terdiri dari intangibility, inseparability,
variability/heterogeneity, perishability, dan lack of ownership. Produk jasa tak berwujud (intangibility) merupakan jasa yang tidak dapat dilihat, dirasakan,
diraba, didengar sebelum pembeli memutuskan untuk menggunakan layanan jasa.
Jasa berbeda dengan barang. Bila barang merupakan suatu objek yang dapat
berwujud fisik, maka jasa adalah suatu perbuatan, tindakan, pengalaman, proses,
kinerja (performance) atau usaha.
Produk jasa inseparability (tidak
dapat dipisahkan) merupakan jasa yang pada umumnya dijual terlebih dahulu, baru
diproduksi dan dikonsumsi pada waktu dan tempat yang sama, dengan kata lain
produk jasa tersebut tidak dapat dipisahkan dengan penyedia jasa tersebut. Variability/heterogeneity produk jasa
merupakan karakteristik jasa yang menyatakan bahwa jasa bersifat sangat
variabel karena merupakan non-standarized
output, artinya terdapat banyak variasi bentuk, kualitas dan jenis,
tergantung pada siapa, kapan, dan di mana jasa tersebut diproduksi. Perishability berarti jasa tidak dapat
disimpan dan tidak tahan lama seperti halnya produk barang. Lack of ownership merupakan perbedaan
dasar antara barang dan jasa, pada pembelian jasa pelanggan hanya akan memiliki
akses personal dan dengan jangka waktu yang terbatas.
Referensi
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset:
Yogyakarta
Komentar
Posting Komentar